Penerapan penyelidikan soal perilaku ekonomi dalam keseharian

Salah satu penerapan pengertian perilaku ekonomi adalah pendekatan heuristik. Yakni terkait keputusan yang perlu dilakukan secara cepat. Ketika ada indikasi bahwa keputusan itu mengarah pada kesalahan, akan terjadi bias kognitif.

Bidang lainnya di mana pengertian ini dapat diterapkan adalah terkait perilaku keuangan. Analisis seputar ini berupaya menjelaskan mengapa investor membuat keputusan terburu-buru saat berdagang di pasar modal.

Saat ini, banyak perusahaan besar memasukkan pengertian perilaku ekonomi untuk meningkatkan penjualan produk mereka. Pada 2007, harga iPhone 8GB diperkenalkan dengan harga USD 600 dan dengan cepat diturunkan menjadi USD 400.

Bagaimana jika nilai intrinsik dari ponsel ini hanya USD 400? Jika Apple memperkenalkan ponsel seharga USD 400, maka reaksi awal terhadap harga di pasar ponsel pintar mungkin negatif. Ini karena ponsel tersebut mungkin dianggap terlalu mahal.

Akan tetapi, dengan memperkenalkannya dengan harga lebih tinggi, lantas menurunkannya menjadi USD 400, konsumen percaya bahwa mereka mendapatkan penawaran yang cukup bagus dan penjualan pun melonjak untuk Apple.

Ketika perusahaan mulai menerapkan pengertian perilaku ekonomi dan memahami bahwa konsumen tidak rasional, mereka cenderung berhasil mendapatkan keuntungan lebih. Apalagi jika mereka mampu menggunakannya sebagai cara efektif untuk menanamkan perilaku ekonomi tertentu pada konsumen dengan menerapkan kebijakan produksi tertentu.

Tokoh-tokoh penting dalam studi dan pengertian perilaku ekonomi adalah pemenang Nobel Gary Becker (terkait motif dan kesalahan konsumen; 1992). Begitu pula Herbert Simon (terkait rasionalitas terbatas; 1978), Daniel Kahneman (ilusi validitas; 2002), dan George Akerlof (penundaan kesenangan; 2001).

artikel lain :

Pengertian Perilaku Ekonomi

%d blogger menyukai ini: